Kamis, 25 Maret 2010

Protes Kandang Ayam, Warga Geruduk KLH

Kulonprogo – Bau tak sedap dan banyaknya lalat yang ditimbulkan oleh keberadaan kandang ayam di Dusun II Pleret Panjatan Kabupaten Kulonprogo membuat warga sekitar geram. Untuk itu warga kemudian menggeruduk Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kulonprogo untuk mengutarakan keluhannya, Rabu (24/3).
Informasi MD menyebutkan, kepada Kepala seksi pengawasan dan pengendalian KLH Kulonprogo Didik Wijanarto, warga mengeluhkan soal bau menyengat dan banyaknya lalat akibat para pengelola peternakan kurang maksimal dalam memperhatikan kebersihan kandang sekaligus dalam pengolahan limbahnya. Jika masalah ini tidak segera ditangani dengan serius, warga khawatir akan menimbulkan berbagai macam penyakit.
Perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dusun II Pleret Kulonprogo, Suyanto (45) menuturkan pihaknya beserta warga selama ini sudah berkali-kali menyampaikan keluhan terkait dengan masalah tersebut.
“Masyarakat sudah menyuarakan agar para pengelola peternakan memperhatikan kandang dan limbahnya yang dijadikan pupuk kandang. Sejatinya warga tidak mempemasalahkan keberadaan peternakan jika para pengelola peternakan dapat meminimalisir bau yang menyengat dan menimbulkan banyaknya lalat” terangnya.
Sementara itu Kepala Desa Pleret Panjatan Kulonprogo sekaligus pengelola peternakan ayam pedaging di Dusun II, Saladi pada kesempatan itu mengatakan, pihaknya beserta peternak-peternak lain sudah mengupayakan untuk membenahi kandang sesuai dengan rekomendasi dari KLH.
Saladi menambahkan, yang perlu ditegur seharusnya para peternakan puyuh. Sebab, bau yang ditimbulkan dari kandang ternak puyuh jauh lebih menyengat daripada kandang ternak ayam pedaging
“Saya cukup menyesal kalau KLH hanya mengundang peternak ayam pedaging saja. Sebab, peternak puyuh dan petelur jelas terkait dengan permasalahan tersebut”, pungkasnya. (leo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar