Sabtu, 27 Maret 2010

Rekonstruksi Pembunuhan Siswi SMA Digelar




Kulonprogo – Polres Kulonprogo menggelar rekonstruksi (reka ulang, red) pembunuhan siswi SMA N I Lendah, Fatmah (16) warga Dukuh Diren Pandowan Galur, Jumat (26/3) sekitar pukul 09.00. Puluhan warga tampak antusias menyaksikan jalannya proses rekonstruksi yang digelar di lahan cemara udang pesisir Pantai Pleret wilayah Pedukuhan III Pleret Panjatan. Meski demikian, rekonstruksi yang berlangsung sekitar satu jam itu berjalan lancar di bawah pengawalan ketat petugas.

Hasil pantauan MD menyebutkan, dalam rekonstruksi itu Agus membeberkan kronologi peristiwa pembunuhannya tanpa berbelit-belit. Belasan adegan rekonstruksi menggambarkan Agus membunuh korban setelah menyetubuhinya sebanyak dua kali. Setelah bersetubuh, korban dan tersangka terlibat adu mulut hingga korban sempat menampar tersangka. Tersangka pun balas memukul wajah korban dengan tangan kiri dan mendorong korban hingga jatuh tengkurap. Selanjutnya tersangka mengambil ikat pinggang milik korban untuk mencekiknya hingga tewas.

Heru (44) tetangga tersangka yang turut menyaksikan jalannya rekonstruksi mengaku terkejut melihat serangkaian adegan itu.

“Padahal Agus itu terbilang anak yang polos dan lugu di kampung. Saya sungguh tak menyangka dia tega berbuat sesadis itu” terangnya.

Seusai reka ulang Kapolres Kulonprogo AKBP Darmanto menuturkan peristiwa ini merupakan kasus pembunuhan pertama di tahun 2010.

“Untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang melibatkan remaja, kami akan bekerja sama dengan pihak sekolah. Selain itu, patroli di lokasi wisata dan sepanjang pesisir pantai selatan Kulonprogo yang jauh dari keramaian akan ditingkatkan” tegas Kapolres.

Rekonstruksi kemudian berlanjut ke pantai Bugel. Sebab, pelaku semula mengaku membuang handphone milik korban ke laut. Selain petugas, reka ulang ini juga disaksikan oleh kejaksaan dan pengacara yang ditunjuk untuk mendampingi tersangka. (leo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar