Sabtu, 10 April 2010

Dua Polisi Purworejo Tewas Ditembak


Purworejo – Dua anggota Polsek Purwodadi Purworejo Jateng, Bripka Wagino (35) dan Briptu Eko Iwan Nugroho (25) tewas ditembak saat bertugas jaga di pos polisi Kentengrejo Jl.Deandless, perbatasan Purworejo-Kulonprogo, Sabtu (10/4) dini hari. Hingga berita ini diturunkan, motif penembakan tersebut masih dalam penyelidikan petugas.


Kedua jasad korban pertama ditemukan oleh Kepala Pos Polisi Kentengrejo, Aiptu Indro sekitar pukul 08.45 berdasar laporan dari warga sekitar. Bripka Wagino ditemukan tergeletak di lantai bersimbah darah setelah timah panas menerjang punggung kanannya hingga tembus ke perut. Sedangkan Briptu Eko Iwan Nugroho ditemukan tewas di dalam kamar pos setelah peluru bersarang di kepala belakangnya. Kedua jasad korban kini telah dievakuasi ke RS Bhayangkara Semarang untuk diotopsi.


Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, pagi itu beberapa warga menemukan kejanggalan saat kebetulan melintas di depan pos polisi Kentengrejo. Pasalnya, tidak seperti biasanya pintu pos polisi Kentengrejo tertutup rapat di pagi hari sementara lampu di terasnya masih menyala.


“Kami sempat mengetuk pintu pos berkali-kali dan memanggil nama kedua petugas jaga tersebut yang sudah akrab dengan warga sekitar. Karena tidak ada jawaban dari dalam, kami pun segera menghubungi kepala pos polisi Kentengrejo Aiptu Indro” terang beberapa warga yang menyemut di lokasi.


Warga menambahkan, dini hari sekitar pukul 03.00 mereka mendengar ada suara tembakan. Namun suaranya sayup-sayup saja. Pasalnya jarak antara pos polisi dengan pemukiman warga lumayan jauh, yakni sekitar 1 km.


Mendapati kedua anggotanya tewas, Aiptu Indro langsung melapor ke Polres Purworejo. Tak lama kemudian, sejumlah petugas dari Purworejo merapat ke TKP dan memasang garis polisi di sekeliling pos polisi Kentengrejo. Belasan wartawan dari media cetak maupun elektonik dari Purworejo dan Kulonprogo yang hendak meliput peristiwa tersebut tidak diperkenankan masuk. Bahkan saat ditemui wartawan, Kapolres Purworejo AKBP Agus Krisdianto tidak bersedia memberikan keterangan pada wartawan.


Seorang saksi lain Sumindarti (40) mengatakan jauh hari sebelum tewas, Briptu Eko Iwan Nugroho pernah bercerita kalau dirinya pernah minta pada atasannya agar petugas jaga di pos polisi Kentengrejo ditambah.


“Iwan adalah teman akrab anak saya. Bahkan saya sudah menganggapnya seperti anak sendiri. Dulu Iwan pernah bercerita kalau ia merasa keberatan jika bertugas jaga malam hari di pos Kentengrejo. Pasalnya, ia hanya berjaga berdua dengan Pak Wagino di wilayah yang angka kriminalitasnya terbilang cukup tinggi” terang Sumindarti dengan wajah sendu.


Kasus penembakan anggota polri belum lama ini juga terjadi di wilayah hukum Polres Kebumen Jateng. Seorang anggota Polsek Prembun Kebumen, Briptu Yona Anton Setiawan (29), tewas akibat kepalanya ditembak dua kali saat sedang piket pada Senin (15/3) pukul 01.00. Motif penembakan anggota polri di Kebumen tersebut juga belum diketahui hingga kini. (leo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar